$ free

Rabu, 24 November 2027

Sejarah Manusia - sesi 1



Kapankah asal mula dimulainya sejarah.? Adalah sulit, kalau tak mau dikatakan mustahil, untuk menentukan dengan tepat kapankah semua peristiwa yang kita sebut "prasejarah" yaitu membuka jalan untuk hal-hal yang kini menjadi bagian dari sejarah kita. Hal ini bukan sama sekali merupakan suatu "momen," tapi lebih merupakan sebuah proses bertahap yang berkembang selama bertahun-tahun.

Ada juga bukti-bukti bahwa manusia telah membuat alat dan hidup berkelompok di semua benua antara 30.000 tahun yang lalu.
Petroglif, atau lukisan batu, telah ditemukan setidaknya berusia 10.000 tahun yang lalu, dan ada pula lukisan dinding yang terpahat didinding-dinding gua di Spanyol dan Perancis yang berusia 18.000 tahun.

Maka, jika manusia telah berada di bumi selama beribu-ribu abad lamanya, bagaimana dan darimana sejarah berasal.?
Asal mula sejarah mungkin terjadi sebagai satu kejadian independen di semua belahan bumi yang dihuni manusia. Sejarah dimulai dengan bahasa lisan sebagai alat berkomunikasi, dan pada gilirannya hal ini menuju ke kisah-kisah akan mengingat dan menceritakan kembali kejadian-kejadian di masa lalu, dengan cara ini, mitos dan legenda kebudayaan dunia di bentuk.

Banyak kisah-kisah terdahulu ini yang hilang, tetapi beberapa di antaranya selamat dan secara beransur-ansur berkembang menjadi legenda kuno yang masih di ingat sampai saai ini. Asal mula sejarah adalah ketika legenda-legenda itu pertama kali di turunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Manusia pertama kali mengelompokkan dirinya dalam suatu grup atau ikata pada tahun 20.000 SM. Kelompok-kelompok ini hidup bersama-sama dalam tenda, yang sering kali semi permanen. Awalnya mereka bukan penduduk yang tinggal menetap di suatu tempat karena mereka adalah kaum nomaden. Mereka berpindah-pindah mengikuti musim dan sumber makanan mereka, yang antra lain adalah binatang buas dan tanaman semusim.

Baru di timur tengah pada sekitar 8000 SM mereka menemukan bahwa mereka dapat mengontrol tanaman dan binatang yang menjadi makanan mereka. Mereka belajar untuk mengembalakan kambing dan hewan ternak, mereka belajar bercocok tanam disawah dan ladang. Dengan segera daerah disekitar sungai Tigris dan Eufrat yang dikenal sekarang sebagai daerah Siria dan Irak-menjadi apa yang sekarang disebut sebagai "Daerah Bulan Sabit Kesuburan" (Fertile Crescent)

Disinilah, di Mesopotamia Kuno, (berasal dari kata Yunani yang berarti "tanah diantara dua sungai") persentase para nomaden turun draktis dan orang-orang mulai membangun tempat-tempat tinggal terkonsentrasi, dan disinilah berdiri kota-kota pertama. Pada sekitar 6000 SM, daerah Bulan Sabit Kesuburan ini juga menjadi "Buaian Peradapan (Cradle of Civilization)". Dikota-kota ini orang-orang mulai membuat sistem pemerintahan untuk mengatur kehidupan mereka sendiri dan masyarakat yang terbentuk sebagai hasil gaya hidup mereka yang tinggal menetap itu..
sumber : 100 kejadian yang mengubah sejarah dunia - bill yenne

0 komentar: